UU Ketenagakerjaaan Di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui – Tenaga kerja atau yang sering disebut dengan buruh merupakan salah satu faktor krusial di dalam dunia industri. Tanpa adanya tenaga kerja maka pemilik usaha tidak akan mampu menjalankan usahanya dengan baik. Namun, disisi lain terdapat beberapa tenaga kerja yang tidak sesuai dengan etika dan kewajibannya dalam melakukan tugas di tempat kerja. 

Dengan adanya hal tersebut menjadikan dasar diperlukannya Hukum atau Undang-undang untuk mengatur hubungan antara tenaga kerja dengan pihak pemilih usaha. 

Indonesia sendiri merupakan negara hukum, maka semua aturan yang menyangkut mengenai hak dan kewajiban harus tertulis dengan jelas. 

Aturan-aturan yang menyangkut mengenai ketenagakerjaan sendiri di indonesia sudah diatur pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. 

Undang-Undang Ketenagakerjaan sendiri memuat mengenai : 

  • Landasan, asas dan tujuan dari pembangunan ketenagakerjaan
  • Perencanaan tenaga kerja dan informasi ketenagakerjaan
  • Pemberian kesempatan serta pemberian perlakuan yang sama bagi tenaga kerja
  • Pelatihan kerja
  • Pelayanan penempatan tanaga kerja
  • Pengguanan tenaga kerja asing
  • Pembinaan hubungan infstrial
  • Pembinaan kelembagaan dan sarana hubungan antar industrial
  • Perlindungan bagi tenaga kerja, termasuk hak-hak dasar tenaga kerja, dan 
  • Pengawasan terhadap ketenagakerja

Cara Mengatasi Permasalahan Hukum Ketenagakerjaan

Undang-undang Ketenagakerjaan di Indonesia ternya sudah banyak mengalami perkembangan dari masa ke masa, Maka dari itu pasti banyak timbul konflik atau permasalahan atara pemilik usaha dan tenaga kerja atau  buruh. Untuk membantu para pemilik usaha dan tenaga kerja dalam mengatasi permasalahan hukum terkait ketenagakerjaan sebaiknya mengguankan layanan pendamping. 

Salah satu layanan pendamping yang tahu mengenai hukum ketenagarakerjaan adalah Law Office AFW & Partners. 

Perusahaan ini akan membantu dalam merancang atau memeriksa dokumen yang berkaitan dengan ketenagakerjaan seperti perusahaan, perjanjian kerja bersama, perjanjian kerja dan dokumen terkait lainya. Pemeriksaaan terkait faktor-faktor yang ilegal dalam area perburuhan. Konsultasi terkait dengan sengketa perburuhan atau ketenagakerjaan serta membantu melakukan proses negosiasi bipartit atau tripartit. Dan konsultasi terkait dengan masalah serikat buruh. 

Anda bisa melakukan konsultasi dengan menghubungi Office AFW & Partners di Nomor (021) 2234 5317, atau bahakan bisa berkunjung langsung ke kantor yang berada di Jalan Pondok Kelapa Blok B1/8 No. 7, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.